Menyembunyikan Drive HardDisk


Salah satu hal yang paling mengesalkan adalah saat orang lain dengan seenaknya mengambil data-data di komputer yang dengan susah payah kita kumpulkan. Entah itu foto-foto hasil liputan, MP3 dan sebagainya. Nah, agar mereka tidak bisa berbuat seenaknya, kita bisa menyembunyikan harddisk untuk sementara agar tidak bisa diakses.<br />

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan, salah satunya adalah dengan Diskpart yang merupakan software bawaan OS Windows berbasis teks (command prompt).
1. Buka Start Menu | Run | ketik lalu tekan Enter.

2. Jendela DOS akan terbuka, ketik list volume lalu tekan Enter.

3. Untuk menyembunyikan Drive D misalnya, pilih dulu volumenya, ketik select volume 3 lalu tekan Enter.

4. Ketik remove letter D lalu tekan Enter (untuk menyembunyikan Drive D, misalnya).

5. Untuk memunculkan kembali Drive D, pilih dulu volumenya (misal ketik :select volume 3) lalu ketik assign letter D lalu tekan Enter.

6. Ulangi cara di atas bila ingin menyembunyikan drive E, F, dan sebagainya. Cara ini memungkinkan kita menyembunyikan beberapa drive sekaligus dalam satu waktu.

Catatan:
Setelah melakukan hal ini, terkadang komputer perlu di-reboot. Jangan khawatir soal data, karena data dalam harddisk yang disembunyikan tetap sama dan tidak hilang. Terakhir, sebaiknya Drive C (tempat sistem operasi Windows berada) tidak disembunyikan.

Ini bisa juga buat jahilin teman yang awam tentang komputer :D
Sebenarnya trik ini sudah jadul dan dikhususkan kepada newbie. Buat mister, master dan mastah yang sudah mengetahuinya mending diam saja... heheh...

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...